Sabtu, 04 Februari 2017

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu - Banyaknya madu palsu yang beredar di pasaran sangat meresahkan masyarakat, anda harus tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu untuk membantu anda memilih madu dengan kualitas yang baik. 


Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Ada beberapa tips membedakan madu asli dan palsu. Karena pada dasarnya perbedaan madu asli dan palsu sangatlah mencolok. Jangan hanya melihat cover atau wadah dari madu itu saja, namun yang terpenting adalah isi dari tempat tersebut. 

Bisa saja yang hanya menggunakan botol atau tempat madu lain yang tampak lusuh dan jelek justru adalah madu yang asli, dan bisa saja madu yang menggunakan botol yang lebih bagus adalah madu palsu. 

Hal itu bisa saja terjadi, karena begitu banyaknya produsen madu lokal yang juga biasa menjual langsung madu tersebut kepada konsumen dengan botol atau tempat yang seadanya, dan banyak pula para pencari madu liar yang dihutan yang konon katanya memiliki kualitas madu paling baik hanya menjajakan madunya dengan tempat yang boleh dibilang kurang higienis.

Banyaknya produsen madu lokal yang boleh dibilang “nakal” mulai menjamur saat ini. Pentingnya konsumen untuk tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu untuk mengetahui madu yang diinginkannya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menguji keaslian madu itu sendiri. 

Ada beberapa cara praktis yang mungkin bisa anda lakukan untuk memilih madu dengan kualitas yang baik. Anda bisa melakukannya secara langsung ketika anda memilih madu di tampat penjual madu itu sendiri atau mungkin melakukan sedikit eksperimen dirumah anda. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda seputar kualitas madu yang baik.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dari Rasanya

Madu memiliki rasa yang khas, rasa madu sangat jauh berbeda dengan rasa gula meskipun sama-sama memiliki rasa manis yang dominan. Salah satu cara membedakan madu asli dan palsu adalah dengan merasakannya langsung. Manis madu memiliki rasa manis yang pekat dan terkadang akan berasa sedikit manis dan ada pula rasa asam yang tidak terlalu kentara. 

Hal ini disebabkan madu sendiri terbuat dari bahan alami, yaitu sari bunga atau buah yang biasanya dihisap dan disimpan sebagai bahan makanan untuk para lebah. Rasa manis dari madu juga tidak terlalu membosankan atau orang biasa menyebutnya “eneg’.

Rasa manis itu akan sangat berbeda apabila anda membandingkannya dengan rasa gula. Biasanya para produsen nakal menggunakan gula aren sebagai bahan pembuat madu palsu. Dengan menggunakan gula aren mereka tidak hanya mendapatkan rasa manis seperti madu namun juga warna coklat yang hampir sama sesuai dengan warna dari madu itu sendiri. 

Rasa manis gula aren yang mungkin akan memberikan rasa manis yang begitu kentara, rasa manis dari gula aren juga terkadang terasa sedikit gurih dikarenakan ciri khas gula aren memang seperti itu. Dengan mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu dari rasanya akan mempermudah anda dalam memilih madu yang benar.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dari Teksturnya

Bentuk ataupun tekstur madu asli dengan madu palsu memang sangatlah berbeda. Dengan membedakan tekstur tersebut bisa menjadi salah satu alternatif cara membedakan madu asli dan palsu. Perbedaan tekstur tersebut memang sangat mencolok antara madu asli dengan madu palsu. 

Madu asli memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan madu palsu. Madu asli memiliki kadar air yang rendah, semakin rendah kadar air yang dimiliki madu semakin baik pula kualitas madu tersebut. Madu yang baik setidaknya memiliki kadar air maksimal 22% sesuai dengan standar SNI. 

Sedangkan madu palsu akan lebih berair dan encer. Anda bisa langsung membandingkannya ketika anda beli madu di toko obat atau di pasar traditional.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Melakukan Percobaan

Saya pernah baca bahwa madu asli yang memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi dibandingkan dengan madu palsu tidak akan mudah membeku apabila anda letakkan dalam lemari pendingin, kandungan airnya yang sangat rendah membuat madu asli memiliki titik beku yang lebih rendah dibandingkan madu palsu yang mengandung banyak air. 

Anda bisa membuktikannya sendiri eksperimen yang cukup sederhana ini. Apabila madu anda tidak mudah beku berarti madu yang anda miliki adalah madu asli, namun apabila madu anda beku itu adalah ciri-ciri madu palsu. Namun hal ini hanya berlaku untuk beberapa jenis madu saja. 

Ada juga madu asli yang akan membeku jika dimasukkan ke lemari pendingin. Sehingga percobaan kecil tersebut tidak 100% persen bisa dijadikan patokan untuk cara membedakan madu asli dan palsu.

0 komentar:

Posting Komentar