Jumat, 03 Februari 2017

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan - Sayuran yang mempunyai nama ilmiah  Solanum Melongena golongan famili Solanaceae dan genus Solanum merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Negara lain yaitu Sri lanka dan india. yang luar biasa akan kita bahas dalam artikel kali ini. 

Tanaman ini memiliki ciri dengan tunggi yang sekitar 40-150 cm, mempunyai batang yang berduri, mempunyai bunga berwarna putih dan ung juga mempunyai benang sari yang berwarna kuning. Buah terong memiliki biji kecil yang banyak, bijinya ini memliki rasa yang pahit.


Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Terong

Manfaat terong dan khasiat kandungan nutrisinya

Buah terong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. beberapa manfaat terong yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kita antara lain:

Terong mampu menghambat kerusakan pembuluh darah

Salah satu manfaat terong dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan juga mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai salah satu buah penetral dari kerusakan pembuluh arteri. Dengan kelebihan yang dimiliki buah terong dapat membantu untuk mengatasi atau mengahancurkan timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri dalam tubuh.

Terong mampu mengatasi penyakit epilepsi

Tidak banyak kita ketahui jika buah terong mempunyai kandungan nutrisi yang banyak. Nutrisi-nutrisi tersebut ternyata mampu membantu sel-sel organ tubuh kita untuk melawan berbagai penyakit yang berbahaya. Buah terong memiliki beberapa kandungan nutrisi penting seperti skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu untuk mengatasi penyakit epilepsi beserta berbagai gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, sampai kekejangan saraf.

Terong mampu mengobati sakit pinggang

Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.

Terong mampu mengatasi penyakit Kanker

Ketika kita mendengarnya memang terkesan aneh dan meragukan, akan tetapi buah terong memang mmepunyai manfaat untuk mengurangi perkembangan sel-sel kanker yang kemungkinan berkembang dalam tubuh kita. Manfaat Terong dalam Kandungan zat tripsin (protease) mempunyai peran sebagai inhibitor yang dapat membantu untuk melawan zat pemicu kanker. Terong yang di jus juga membantu mengatasi kerusakan sel yang mengalami penyimpangan kromosom atau sel yang terkena kanker.

Manfaat terong sebagai alat Kontrasepsi

Buah terong memang dikenal dapat menjadi anti kanker. Kebanyakan masyarakat menggunakan terong sebagai alat kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa buah terong mampu mengatasi gugup atau nervous yang dialami. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian kepada marmot yang diberi makanan terong.

Terong dapat membantu mengontrol kolesterol dalam darah

Manfaat Terong telah digunakan sebagai alat penurunan kolesterol yang baik dan ada beberapa penelitian yang telah membuktikan khasiat buah terong untuk menurunkan kolesterol kita. Beberapa peneliti mencoba untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk membuat efektivitas nya dalam menurunkan kolesterol.

Manfaat terong sebagai Antioksidan

Membran sel yang hampir ke seluruhnya terdiri dari lipid yang bertanggung jawab untuk melindungi sel-sel dari radikal bebas akan membantu kita untuk menyerap nutrisi yang baik untuk tubuh dan membuang semua limbah keluar dari tubuh kita. 

Peroksidasi lipid adalah proses dimana sel-sel yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas akan mencuri elektron dari lipid yang bertempat di membran sel. Zat nasunin, merupakan suatu antosianin dari kulit terong yaitu antioksidan kuat dan mampu menangkal radikal bebas dan memiliki tanggung jawab untuk melindungi peroksidasi lipid.

Segala manfaat terong si buah ungu ini telah terbukti sangat berguna untuk tubuh kita. Mulailah untuk mengonsumsi buah terong ini. Mari kita mulai hidup sehat dengan pola hidup yang sehat pula.

0 komentar:

Posting Komentar